Manusia Tertua di Dunia Berusia 123 Tahun yang Menyulut Kontroversi

0
201
Swami Sivananda - odditycentral

Seorang pria India baru-baru ini mengejutkan staf bandara di Abu Dhabi, karena paspornya menunjukkan bahwa ia dilahirkan pada tahun 1896, yang menjadikan ia berusia 123 tahun, manusia tertua yang pernah hidup. Paspor Swami Sivananda menunjukkan bahwa ia berusia satu tahun lebih tua dari Jeanne Louise Calment di Prancis, yang memegang Guinness Record untuk orang terverifikasi tertua dalam sejarah ‘122 tahun’ tetapi masalahnya adalah satu-satunya bukti yang ia miliki berasal dari data kuil lama.

swami-sivananda-age2
passport Swami Sivananda – odditycentral

Sivananda juga terlihat berpuluh-puluh tahun lebih muda dari usianya, tetapi ia memuji penampilan mudanya dan kesehatannya yang baik untuk menjalani kehidupan yang sederhana dan seimbang, yoga, dan diet dengan tidak memakan bumbu-bumbuan. Hidup dengan tidak menikah mungkin ada hubungannya dengan umur panjangnya juga, pikirnya. Dia sudah mencoba memasukkan namanya ke dalam Guinness Book of Records selama tiga tahun, tetapi dia kesulitan membuktikan usianya. Seperti yang dikuti oleh cepagram dari oddity central dalam bahasa inggris, 09/10/2019 kemarin.

Diduga lahir pada 8 Agustus 1896, di Behala, waktu itu sebuah Desa. Sivananda mengatakan bahwa dia kehilangan kedua orang tuanya ketika dia baru berusia empat tahun, dan saudara perempuannya, yang biasa mengemis makanan bersamanya, dua tahun kemudian. Kerabatnya menyerahkannya kepada seorang guru, yang membawanya ke kota Nadadwip. Dia kemudian menetap di kota suci Varanasi, di mana dia menjadi dirinya Swami dan mendapatkan pengikut. Dia mengklaim bahwa pengikut yang sama inilah yang mendorongnya untuk keluar dan mencari pengakuan atas usianya, karena dia sendiri tidak menginginkan publisitas. Sedihnya, seperti banyak orang India yang berpuluh-puluh tahun lebih tua darinya, Swami Sivananda hanya dapat mengandalkan daftar kuil untuk membuktikan bahwa ia benar-benar berusia 123 tahun.

“Saya menjalani kehidupan yang sederhana dan disiplin. Saya makan sangat sederhana – hanya makanan rebus tanpa minyak atau rempah-rempah, nasi dan daal rebus (rebusan kacang-kacangan) dengan beberapa cabai hijau, ”kata Sivananda. “Saya menghindari minum susu atau buah-buahan karena saya pikir ini adalah makanan mewah. Di masa kecil saya, saya tidur berhari-hari dengan perut kosong. ”

“Saya percaya makan sederhana, hidup rendah hati, dan berbelas kasih. Saya merasa baik ketika saya telah mencoba yang terbaik untuk membantu mereka yang kesusahan, ”tambah orang gila India itu.

Orang tertua yang saat ini hidup dan diakui oleh Guinness Book of Records adalah Kane Tanaka, dari Jepang. Dia berusia 116 tahun.

editor: lea

cepagram.com

Facebook Comments