Minim sentimen, IHSG diperkirakan kembali tertekan; Dollar Indeks stabil rupiah diperkirakan bergerak melemah

0
108
Maket Ibu Kota Negara Baru - Dok PUPR

Berita Global

·      Permintaan energi meningkat, impor batubara dan minyak mentah Vietnam melesat. Pertumbuhan ekonomi Vietnam disokong oleh ekspor yang melaju kencang dan investasi asing yang gencar masuk. Pertumbuhan ekonomi Vietnam tahun ini diprediksikan lebih besar daripada target pemerintah pada kisaran 6,6%-6,8%, diuntungkan oleh perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. (Kontan)

·      Ekspor China bulan Oktober turun 0,9% dan impor turun 6,4%. (Kontan)

Berita Domestik

·         Hingga November, penerimaan bea cukai sebesar Rp 165,5 triliun. Realisasi tersebut memenuhi 79,24% dari target APBN 2019 yang sebesar Rp 208,82 triliun. (Kontan)

·         Bidik target pertumbuhan ekonomi 5,08%, pemerintah andalkan belanja masyarakat. belanja negara menjadi jurus pemerintah mengejar pertumbuhan ekonomi. Dalam dua bulan terkahir pemerintah akan mendorong belanja untuk meningkatkan pertumbuhan. (Kontan)

·         Oktober, defisit neraca dagang Indonesia diproyeksi mencapai US$ 280 juta. Prediksi nilai tengah 13 ekonom berdasarkan polling Reuters, defisit neraca dagang akan mencapai US$ 280 juta pada Oktober seiring semakin dalamnya penurunan ekspor dan impor. Angka tersebut lebih besar dibanding defisit September senilai US$ 163,9 juta. (Kontan)

·         Reformasi pajak belum membuktikan perbaikan tax ratio. Realisasi tax ratio pada tahun 2018 saja masih di level 11,4%. Proyeksi tax ratio di akhir tahun ini pun diprediksi melempem di level 11,1%. Sementara, tahun 2020 diperkirakan hanya 11,5%. (Kontan)

Dollar Indeks stabil rupiah diperkirakan bergerak melemahDollar indeks diperkirakan bergerak stabil di level 98.3-98,40 terhadap yen dan euro. Stabilnya dollar ditopang oleh data inflasi AS bulan Oktober yang lebih tinggi dari perkirakaan sebelumnya. Data inflasi AS tercatat sebesar 1,8% (yoy) lebih tinggi dibandingkan ekspektasi sebesar 1,7% (yoy). Sementara itu pidato Powell hari rabu yang memperkirakan ekonomi AS masih melanjutkan ekspansi juga turun menopang dollar. Rupiah kemungkinan melemah akibat penguatan dollar indeks tersebut. Rupiah kemungkinan melemah ke level Rp14.080/USD-Rp 14.100/USD.

Highlights

· MNCN : Iklan Digital MNCN Melesat 371%

· LPPF : Matahari Buka Gerai OVS Pertama di Surabaya

· KLBF : Bersama EPMT mendirikan perusahaan Emos Global Digital

· TBIG : Laba Bersih turun Tipis -1,8% yoy.

· CTRA : Anak Usaha Masih Mengejar Target Marketing Sales

Minim sentimen, IHSG diperkirakan kembali tertekan

Tarik ulur yang terjadi antara negosiasi dagang AS-China masih menjadi sentimen negatif bagi investor global. Sementara ekonomi di Eropa terus melemah. Inflasi Jerman Oct-19 sebesar 1,1% yoy dari 1,2% yoy sementara inflasi Inggris 1,5% yoy dari 1,7% yoy pada periode sebelumnya.

DJIA naik +0,33% ke level tertingginya menjadi 27.783 diikuti S&P500 yang bergerak flat (+0,07%) di 3.094 dan Nasdaq -0,5% ke level 8.482. Indeks EIDO melemah (-0,64%) dengan Nikkei pagi ini dibuka melemah -0,1%. IHSG Rabu melemah -0,62% menjadi 6.142 dengan pemberat indeks adalah Mining serta saham BMRI, UNVR dan BBRI. Net sell asing pada pasar regular mencapai Rp268,1 miliar. Sepanjang minggu ini (Senin-Rabu) asing mencatatkan net sell Rp1,1 triliun pada pasar regular.

Kami memperkirakan pergerakan IHSG pada ini berpotensi kembali tertekan seiring minimnya sentimen dari global maupun regional. Pernyataan Powell bahwa Fed rate kemungkinan tidak akan berubah seiring tumbuhnya perekonomian di respon mixed oleh investor regional. Inflasi US per Oct-19 tercatat tumbuh 1,8% yoy/0,4% mom (Sep-19 1,7% yoy/0% mom). Probabilitas Fed cut rate pada Des-19 turun menjadi 6,7% dari survey sebelumnya 22,3%. Hari ini akan ada rilis data Penjualan Motor dan Mobil Indonesia per Oct-19.

Baca juga:

Temui Erick Thohir, Ahok Pimpin BUMN?

Pertumbuhan Investasi China Catat Rekor Level Terendah

Facebook Comments