|Pidato Jokowi| Pidato Pilihan Presiden Jokowi – 2019

0
102

pidato-jokowi-2019

Bpk/Ibu/Hadirin dan Undangan yang berbahagia ….

Pertemuan pada pagi hari ini adalah pertemuam terlengkap.. kita.
Saya ingin agar semuanya bisa sambung satu garis dari pusat sampai ke daerah .. dan
Juga perlu saya sampaikan mengelola negara sebesar negara kita Indonesia ini tidaklah mudah, beda dengan negara-negara yang lain..
Jumlah penduduknya saja, sekarang sudah 267 juta,
Jumlah pulaunya .. 17 ribu pulau,
Beragamnya budaya, suku, agama .. juga semakin .. kompleknya .. kita mengelola negara sebesar Indonesia ini.
Kita tahu tantangan-tantangan dunia sekarang ini, meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan perlu saya ingatkan lagi .. pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat yang itu juga berdampak hampir ke semua negara, artinya ada tantangan eksternal yang kita hadapi.
Pada saat saya pun.. ke Presiden Bank Dunia David Malpass beliau menyampaikan hati-hati presiden Jokowi .. dunia posisinya masih seperti ini, dan tahun depan kemungkinan akan lebih sulit, karena kemungkinan dunia akan menuju pada sebuah resesi.
Terakhir saya bertemu juga dengan Managing Director IMF Mrs. Kristalina juga sama menyampaikan hal yang sama persis .. untuk kita semuanya hati-hati karena dunia baru menuju ke sebuah resesi.
Kita melihat negara-negara lain yang dulu tumbuh 7% tahu-tahu menjadi minus, artinya sudah resesi, yang dulu-dulu 9% turun menjadi 6% .. yang dulu 4% turun menjadi di dekat-dekat kita 0,5%.
Kita … patut mensyukuri bahwa pertumbuhan ekonomi negara kita masih diatas 5% … ini patut kita syukuri ..
Kemudian juga karena interaksi komunikasi interaksi sosial antar manusia ..,antar orang  sekarang ini sangat mudahnya lewat wa, sms .. sangat gampangnya banyak sekali terjadi perubahan-perubahan prilaku manusia, karena perubahan interaksi sosial dan berkomunikasi.
Oleh sebab itu hati-hati dalam menangani setiap peristiwa sekecil apapun, juga titip ini terutama untuk jajaran TNI dan POLRI .. melihat sekecil apapun sebuah peristiwa jangan menggampangkan .. karena dunia ini penuh dengan ..negara2 ini penuh dengan ‘Disconted’ ketidak puasan .. hati-hati.
Di Hong Kong ini sudah lebih dari 5 bulan demo setiap hari .. 5 hari, sehingga negara itu menuju ke sebuah resesi dari yang sebelumnya ekonominya sangat bagus, karena urusan ekstradisi kasus2 hukum untuk bisa ditarik ke Cina daratan.. mereka tidak mau akhirnya demo.. urusan yang sebetulnya sebelumnya tidak diperkirakan ..
Di Chili juga sama .. urusan kenaikan tarif transport yang hanya 4% menjadi gelombang demo sehingga APEC yang harusnya dilaksanakan bulan ini di sana dibatalkan .. hati-hati discontented seperti ini.
Kemudian di Bolivia, karena sengketa Pemilu yang tidak ditangani secara preventif dengan baik akhirnya Presiden Evo Morales mundur.
Dan contoh-contoh discontented di negara-negara yang lain yang sekarang ini mulai banyak muncul.
Hati-hati menangani hal yang kecil .. yang kalau kita tidak sensitif bisa melebar ke mana-mana.
Oleh sebab itu penting sekali ini yang pertama saya sampaikan .. penting sekali hubungan harmonis forkopimda di daerah penting sekali .. penting sekali .. penting sekali ..
Komunikasi Gubernur dengan Kapolda .. Gubernur dengan Pangdam .. Gubernur dengan Kajati .. Gubernur dengan Kepala Pengadilan Tinggi penting sekalii untuk dijalin .. ada masalah dibicarakan .. hubungan harmonis seperti itu akan saaangat .. mempengaruhi tensi yang ada di daerah.. kalau ada salah satu dari yang tadi saya sebut tidak rukun .. satu saja .. akan menjadi masalah besar dalam menangani setiap problem2 yang ada di daerah ..
Juga …. dst
………..
………..
(akan dilanjutkan),

Baca juga:

Konsepsi Rancangan Peraturan Menteri PUPR tentang Lembaga

Facebook Comments