Sunday, July 21, 2024
Google search engine
HomeAsuransiKebakaran Pabrik Tisu PT Sun Paper Source Mojokerto Ludeskan 3 Gudang

Kebakaran Pabrik Tisu PT Sun Paper Source Mojokerto Ludeskan 3 Gudang

Kebakaran Pabrik Tisu PT Sun Paper Source Mojokerto Ludeskan 3 Gudang

Enggran Eko Budianto – detikJatim

Kamis, 12 Okt 2023 12:37 WIB

Musibah Kebakaran, PT Sun Paper Source Angkat Bicara - TIMES ...

Mojokerto – Kebakaran hebat yang melanda pabrik tisu PT Sun Paper Source (SPS) di Desa Kembangringgit, Pungging, Mojokerto, hingga kini belum padam. Api meludeskan setidaknya tiga gudang penyimpanan produk jadi dan gudang produksi.

Karyawan PT SPS Zuhriadi (35) mengatakan kebakaran bermula di gudang PM 11 untuk menyimpan produk tisu yang sudah siap kirim. Kemudian api cepat membesar dan menjalar ke PM 12, yang juga gudang produk jadi, lalu ke gudang konverting untuk produksi tisu.

“Yang terbakar dua gudang untuk produksi dan tempat penyimpanan produk jadi. Kondisi kebakaran belum padam, (api) masih besar,” terangnya kepada wartawan di lokasi kebakaran, Kamis (12/10/2023).

Senada dengan Zuhriadi, Nyarip Muhammad (22) menyebut si jago merah meludeskan setidaknya tiga gudang PT SPS. Yaitu PM 11 dan PM 12 bersisi tumpukan tisu siap kirim, serta gudang konverting untuk produksi tisu.

Kondisi kebakaran pabrik tisu di Mojokerto. Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
“Yang terbakar PM 11 dan PM 12 gudang penyimpanan tisu, jadi yang rol besar siap kirim, setelah itu menjalar ke area konverting,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dia dengar dari rekan kerjanya, kebakaran hebat di PT SPS dipicu korsleting listrik forklif. “Kalau dengar dari teman saya karena korsleting forklif untuk menyiapkan barang dan kiriman,” tandasnya.

Hingga pukul 12.05 WIB, kebakaran di PT SPS belum padam. Api masih berkobar di beberapa titik. Truk pemadam kebakaran (PMK) masih keluar masuk pabrik untuk menjinakkan api.

(irb/fat)

 

PT Sun Paper Source Buka Suara Soal Kebakaran yang Tewaskan 1 Pekerja

© mili.id
© mili.id
© mili.id

Gudang pabrik tisu PT Sun Paper Source terbakar hebat.

MOJOKERTO – PT Sun Paper Source angkat bicara terkait kejadian kebakaran yang mengakibatkan satu pekerja meninggal dunia dan satu luka-luka.

HRD Manager PT Sun Paper Source Ayu Kinanti mengatakan, saat ini pihaknya menyayangkan kejadian musibah kebakaran yang terjadi ditengah kondisi bisnis yang baik. Meski begitu, saat ini pihaknya akan mencari tahu penyebab pasti kejadian.

“Kami akan pastikan dulu penyebab dari kebakaran ini. Semua ini terjadi secara tiba-tiba. Kejadian ini sangat kami sayangkan ditengah kondisi perusahan yang dalam posisi baik. Bahkan kami masih memenuhi target pasar expor ke puluhan negara setiap bulannya,” jelasnya.

Sampai saat ini PT SPS masih aktif terus beroperasi rutin mengirimkan rata-rata 800 kontainer setiap bulan.

“Kami mengekspor lebih dari 80 negara, dan juga kami telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah sebagai eksportir dalam rangka pengembangan pasar baru,” jelas Ayu.

Ia menambahkan, awal kejadian bermula munculnya api di gudang barang jadi, pukul 09.50 WIB. Begitu ada api muncul, sirine pabrik pun otomatis menyala sehingga membuat seluruh karyawan pabrik mengamankan diri.

“Cuaca di Mojokerto sedang panas-panasnya. Angin juga bertiup kencang sekali. Sehingga saat ini yang kami fokuskan adalah pemadaman,” ungkapnya.

PT Sun Paper Source menyampaikan duka cita mendalam, atas wafatnya salah satu karyawan yakni Supervisor Produksi Masagus Jon Rahman, yang meninggal saat terjadinya kebakaran.

“Kami menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya salah satu teman kami Pak Jon yang gugur dalam membantu proses pemadaman api kemarin,” kata HRD Manager PT Sun Paper Source Ayu Kinanti, Kamis (12/10).

Menurut rekan-rekannya, Jon, sapaan akrabnya merupakan seorang pekerja keras dan peduli terhadap teman-temannya. Oleh karena itu, sebagai tanda penghormatan kepada Almarhum, pihak PT Sun Paper Source memberikan santunan bagi keluarga yang ditinggalkan.

“Kami mendapatkan informasi jika Almarhum meninggal karena membantu proses pemadaman api kemarin. Sebagai bentuk rasa hormat kami, kami memberikan santunan dan juga pesangon bagi keluarga Almarhum,” ujar Ayu.

Tak hanya itu, pihak PT Sun Paper Source melalui perwakilannya juga mengantarkan jenazah ke Palembang, Sumatera Selatan, tempat Almarhum akan dimakamkan, Jumat (13/10).

“Kami juga terus menjalin komunikasi dengan keluarga Almarhum. Kami menyampaikan banyak terimakasih atas dedikasinya selama ini. Semoga keluarga diberikan ketabahan, dan Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan, Amin,” katanya.

Diceritakan oleh rekan-rekannya, saat kebakaran terjadi, Almarhum Jon sebetulnya pada kondisi _off_ (tidak bertugas). Mendengar terjadinya kebakaran, Almarhum yang tinggal di Mess milik pabrik tak jauh dari lokasi, bergegas menuju lokasi kebakaran.

“Beliau sempat turut membantu memadamkan api namun tidak lama kemudian beliau mendadak tidak sadarkan diri ketika sedang beraktivitas di bagian belakang pabrik, yang jauh dari sumber api,”jelas Ayu.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Ayu, rekan-rekannya pun membawa Almarhum ke ambulance, dan tiba di RSUD Dr Soekandar Mojosari dokter menyatakan jika Almarhum sudah meninggal dunia.

“Dokter menyatakan jika penyebab meninggalnya karena sesak napas. Keluarga juga menyatakan tidak akan melakukan autopsi. Kami selalu mendampingi dari awal kejadian hingga saat ini,” kata Ayu.

 

Editor : Achmad S

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments