Friday, December 29, 2023
Google search engine
HomeAsuransiSistem Penyedian Air Minum (SPAM) dan Asuransinya

Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) dan Asuransinya

Sistem Penyedian Air Minum (SPAM)

 AINAL MUTTAQIN
Air Kebutuhan Utama Manusia

Bagi manusia, air minum adalah salah satu kebutuhan utama dan fungsinya bagi kehidupan tidakpernah dapat digantikan oleh senyawa lain. Badan manusia terdiri dari 65% air atau terdapatsekitar 47 liter air per orang dewasa. Setiap hari 2,50 liter dari jumlah air tersebut harus digantidengan air yang baru. Diperkirakan dari sejumlah air yang harus diganti, 1,5 liter berasal dari airminum dan sekitar 1 liter berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi.

Air minum yang ideal adalah :
•  jernih
• tidak berwarna
• tidak berbau
• tidak berasa
• tidak mengandung kuman dan zat-zat yang berbahaya
Tujuannya adalah : mencegah terjadinya serta meluasnya penyakit bawaan air (water-borne-diseases).
Di negara maju standar air minum sudah sangat tinggi, sehingga tersedia air yang siap minumdimana saja (potable water). Sedang di Indonesia, kualitas air minum yang memenuhi syaratbelum dapat tercapai, sehingga sistem penyediaan air minum yang disediakan oleh PDAM barudisebut air bersih bukan air minum. Pemakaian air bersih penduduk perkotaan di Indonesia :
• Pelayanan Secara Langsung : 100-200 liter/orang/hari
• Pelayanan dengan keran umum : 20-40 liter/orang/har hari
Menurut WHO jumlah air bersih yang harus dipenuhi agar dapat mencapai syarat kesehatan adalah86,4 liter per kapita per hari, sedang kondisi di Indonesia ditentukan sebesar 60 liter per kapitaper hari.
Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum membagi lagi standar kebutuhanair bersih tersebut berdasarkan lokasi wilayah sebagai berikut :
– Pedesaan dengan kebutuhan 60 liter / per kapita / hari.
– Kota Kecil dengan kebutuhan 90 liter / per kapita / hari.
– Kota Sedang dengan kebutuhan 110 liter / per kapita / hari.
– Kota Besar dengan kebutuhan 130 liter / per kapita / hari.
– Kota Metropolitan dengan kebutuhan 150 liter / per kapita / hari.
Sistem Penyediaan Air Minum
PP No. 16 Th. 2005 ttg. Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Sistem penyediaan airminum yang selanjutnya disebut SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisikdari prasarana dan sarana air minum. Air minum adalah air minum rumah tangga yang melaluiproses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapatlangsung diminum.
SPAM dapat dilakukan melalui sistem jaringan perpipaan dan/atau bukan jaringan perpipaan. SPAM dengan jaringan perpipaan dapat meliputi : unit air baku, unit produksi, unit distribusi,  nitpelayanan, dan unit pengelolaan. SPAM bukan jaringan perpipaan dapat meliputi : sumur dangkal,sumur pompa tangan, bak penampungan air hujan, terminal air, mobil tangki air, instalasi airkemasan, atau bangunan perlindungan mata air.
Unit air baku

Unit air baku merupakan sarana pengambilan dan/atau penyedia air baku. Air baku adalah air yang dapat berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yangmemenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments