Manfaat Komunitas/Klub Golf bagian 1

0
143

MANFAAT KOMUNITAS/KLUB GOLF bagian 1

Olah raga golf adalah olah raga yang bersifat individual, namun walaupun bersifat individual olah raga golf tidak akan menarik atau akan kurang menyenangkan apabila dimainkan oleh seorang diri saja, biasanya permainan golf ini dimainkan secara “group” atau lebih dikenal dengan nama “pairing” bahkan ada yang beberapa orang yang menyebut nya dengan nama “flight”, namun dalam hal ini penulis lebih memilih nama “pairing” yang mana pairing tersebut biasanya dimainkan oleh 2(dua) orang atau lebih dengan jumlah maksimum dalam pairing tersebut adala 4 (empat) orang.

Dikarenakan permainan golf kurang menyenangkan apabila dimainkan seorang diri, maka setiap pemain memerlukan teman untuk bermain, lebih banyak teman yang suka bermain golf maka akan lebih mudah memilih dengan siapa akan bermain dan kapan akan bermain golf sehingga terjadi komunikasi rutin antar pemain golf melalui berbagai media komunikasi.

Dari kondisi itu kemudian muncul berbagai group golf baik itu hanya sekedar komunitas ataupun berbentuk club yang serius menekuni olah raga golf mulai dari sisi pembinaan sampai dengan sisi prestasi, group golf yang berbentuk komunitas pada umumnya tidak berbadan hukum dan tidak terdaftar di PGI, komunitas golf hanya mempunyai kegiatan bermain golf bersama baik itu secara insidentil, gathering ataupun event tournament golf sehari yang dibentuk dalam berbagai macam kemasan baik itu dalam bentuk anniversary, charity atau berbagai macam judul sehingga dapat menarik bagi para pemain golf lainnya untuk dapat bermain bersama dalam event tersebut. Berbeda dengan group golf yang berbentuk Club biasanya sudah berbadan hukum, mempunyai akta pendirian dan mempunyai AD/ART dan terdaftar di Badan Pengurus Golf Indonesia (PGI), club golf pada umumnya mempunyai kegiatan selain kegiatan yang sama denga kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas golf, club golf juga mempunyai kegiatan pembinaan para atlet golf yunior dilingkungannya.

Saat ini telah tumbuh bagaikan jamur berbagai nama komunitas golf dan club golf baik yang terdaftar di PGI maupun yang tidak terdaftar, untuk mempermudah komunikasi antar anggota komunitas setiap komunitas pada umumnya memiliki group komunikasi baik dalam group WhatsApps ataupun aplikasi lainnya yang terdapat dalam gadgetnya masing-masing, semakin banyak anggotanya maka group tersebut akan semakin banyak kegiatannya terutama kegiatan secara insidentil dimana setiap anggotanya setiap hari selalu ada yg main golf bersama walaupun hanya beberapa orang saja.

Lalu apa manfaat dari komunitas golf tersebut bagi para anggota nya. Tentu setiap orang akan mempunyai berbagai pendapat terhadap komunitas golf ini tergantung dari sudut pandangnya masing-masing. Dalam tulisan ini akan dikupas berbagai manfaat dari adanya komunitas/group golf baik bagi individu pemain, bisnis golf maupun bagi kemajuan golf di negara tercinta ini.

  1. Manfaat bagi individu pemain golf.

Manfaat pemain menjadi anggota komunitas golf sangat banyak antara lain :

  • Menambah intensitas silaturahim antar anggota.
  • Mempermudah membuat agenda main bersama.
  • Menambah jumlah kolega dari berbagai kalangan yang ada dalam komunitas tersebut.
  • Mempermudah mendapatkan info mengenai perlengkapan golf maupun info umum dikalangan anggota

Selain manfaat tersebut diatas mungkin masih banyak manfaat lain yang secara tidak disadari dapat memberikan nilai positif bagi para anggota, namun saat ini kebanggaan atau fanatisme menjadi anggota hampir semua komunitas ataupun group golf itu menjadi punah karena kebanyakan komunitas melakukan rekrut anggota tanpa melalui seleksi atau filter, maka munculah istilah multi member dimana banyak pemain golf yg terdaftar sebagai anggota hampir disemua komunitas (untuk hal ini gue bilang, ekslusifitas komunitas golf kalah dibanding ekslusifnya genk sekolahan jaman dulu hehehehe……)

  1. Manfaat bagi bisnis golf.

Dengan semakin banyaknya komunitas golf yang tumbuh belum tentu mencerminkan pertumbuhan jumlah pemain golf dikarenakan banyak pemain golf yang bersifat multi member, bahkan satu pemain dapat menjadi member di berbagai komunitas golf. Dari sisi tersebut dapat disimpulkan bahwa berkembangnya komunitas golf belum tentu berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis golf, namun yang jelas saat ini pemain golf lebih mudah untuk melakukan bargaining dengan lapangan golf dengan mengatasnamakan komunitas yang dimaksud.

  1. Manfaat bagi kemajuan golf di Indonesia

Bagi komunitas golf yang tidak terdaftar di PGI atau komunitas kebanyakan saat ini secara langsung tidak ada pengaruhnya terhadap kemajuan golf di Indonesia karena rata-rata usia anggota komunitas golf sudah bukan lagi merupakan usia prestasi khususnya bagi olah raga golf. Secara terus terang komunitas komunitas tersebut tidak ada sedikitpun sumbangsihnya terhadap kemajuan golf nasional, oh… ya…. Lalu kenapa mereka selalu berteriak mempertanyakan prestasi golfer-golfer nasional kita ??

Berbeda dengan komunitas yang berbadan hukum dan terdaftar di PGI, komunitas ini biasa disebut Club Golf, club golf ini tercatat di PGI, membayar iuran tahunan sebagai anggota club di PGI serta diwajibkan melakukan pembinaan terhadap pemain junior, namun kenyataannya hanya beberapa club golf saja yang turut berperan-serta dalam kemajuan atlet-atlet golf di Indonesia karena mereka memang melakukan pembinaan terhadap banyak pemain yunior. Keberadaan club golf ini sebagian besar sangat bermanfaat bagi kemajuan golf nasional karena telah berhasil mencetak beberapa pemain yunior yang cukup dapat breprestasi di arena internasional, namun sangat disayangkan bahwa pemain-pemain yunior yg dapat berprestasi pada pentas internasional sesuai klasifikasi umurnya masing-masing tidak dapat dilanjutkan pembinaannya oleh pemerintah dalam hal ini cq. PGI sehingga pemain-pemain tersebut akan tenggelam pada saat lepasnya usia yunior mereka. Aaahhh…… sayang sekali yaaa….

Dari manfaat-manfaat tersebut diatas sebetulnya masih dapat ditingkatkan lagi manfaatnya dengan berbagai cara yaitu : andai saja komunitas-komunitas tersebut ada yang mewadahi sehingga menjadi persatuan komunitas golf atau apalah namanya, yang pasti apabila komunitas tersebut bisa bersatu dan kompak maka akan mengurangi kesulitan dalam mengumpulkan pemain golf untuk memenuhi setiap perhelatan turnamen golf dimanapun dilaksanakan serta akan semakin kuatnya posisi komunitas dalam melakukan bargaining dengan setiap lapangan golf, semoga…..

Dapat dibayangkan apabila setiap club golf yang ada di Indonesia ini masing-masing membina 2 (dua) orang pemain yunior maka berapa pemain yunior yang akan lahir dari seluruh club setiap tahun nya, sudahkah…??

Dapat dibayangkan apabila “setiap” lapangan golf dapat memberikan fasilitas gratis kepada seluruh pemain yunior binaan club, atau lapangan golf sendiri yang melakukan pembinaan terhadap beberapa pemain yunior, mungkinkah…???

oleh : Bahar

Facebook Comments