Pohon Kelor Tertulis di Al-Qur’an

0
41
Pohon Kelor di Rumah M. Yusuf Alfaoruq

Kata Siapa Khasiat Daun Kelor Mistis?

Ternyata dan sudah banyak buktinya bahwa daun kelor punya sejuta manfaat. Bisa diolah jadi jamu yang berkhasiat meningkatkan imun. Daun kelor merupakan tumbuhan akar tunggal. Tumbuhan ini memiliki struktur daun yang sangat kecil dengan morfologi daun yang majemuk menyirip ganda.

Tumbuhan kelor banyak tumbuh di Indonesia dan erat kaitannya dengan hal mistis. Masyarakat percaya bahwa daun kelor dapat mengusir setan, menghilangkan susuk dan lainnya.

Pohon Daun Kelor di Rumah M. Yusuf Alfarouq
Pohon Daun Kelor di Rumah M. Yusuf Alfarouq

Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini Manfaat Sehat Racikan Jamu Kelor Foto: GNFI/iStock
Namun di samping hal itu, daun kelor adalah tanaman dengan sederat manfaat. Daun kelor dapat diolah menjadi masakan lezat. Selain itu, juga bisa diolah menjadi minuman yang menyehatkan seperti jamu.

Dilansir dari salah satu media online yang terkenal di Indonesia, detik. Jamu kelor tersebut banyak dibuat oleh masyarakat Blora. Tepatnya di Desa Sendangrejo, Kecamatan Bogorejo, Blora, Jawa Tengah.

Mereka biasanya menyebutnya dengan sebutan wedang kelor. Salah satu orang yang memproduksi wedang kelor ini adalah Kartini. Bukan hanya dikonsumsi sendiri, tetapi juga memenuhi pesanan orang-orang di Jawa Timur.

Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini Manfaat Sehat Racikan Jamu Kelor Foto: GNFI/iStock
Cara membuatnya pertama daun kelor diproses menjadi serbuk. Kemudian diberi rempah seperti jahe, alang-alang, daun salam, kayu manis dan daun pandan lalu diblender hingga keluar ampasnya.

Kemudian, ampasnya diperas dan diblender ulang sebanyak 2 kali. Setelah itu direbus dengan campuran 1 kilogram gula dan air 2 gayung. Proses perebusan dilakukan sampai mengental dan mengkristal.

Setelah mengkristal ditunggu hingga dingin baru kemudian dikemas sesuai takaran. Wedang kelor ini baik untuk kesehatan. Di dalam kandungannya terdapat vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, B6 dan vitamin C.

Selain itu, juga mengandung antioksidan berupa polifenol yang bagus untuk mencegah radikal bebas, melawan kanker juga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

manfaat-jamu-kelor-3Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini Manfaat Sehat Racikan Jamu Kelor Foto: GNFI/iStock
Dikutip dari Journal of Food and Science Technology daun kelor juga mengandung serat sebanyak 30% karenanya baik untuk menyehatkan pencernaan, mengendalikan hormon hingga menjaga kesehatan liver.

Dan semua khasiat daun kelor tersebut juga tercatat di dalam Al-Qur’an surah Al Fath ayat 29 yang berbunyi:

“Demikianlah sifat-sifat mereka dalam taurat dan sifat-sifat mereka dalam injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman ini menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu’min)…” (QS. Al Fath ayat 29).

sodaqollahuladzim

Maha benar Allah dari segala firmanNya.

editor: LEA

Facebook Comments