Tuesday, June 4, 2024
Google search engine
HomeAsuransiIni Penyebab Kebakaran di PT MUI , Jababeka

Ini Penyebab Kebakaran di PT MUI , Jababeka

Ini Penyebab Kebakaran di PT MUI , Jababeka

Cikarang,- Hallo Pabrikers, kebakaran hebat melanda sebuah pabrik PT Multi Usage Indonesia (MUI) di Kawasan Industri Jababeka , Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (16/5/2022).

Mei 17 2022, 14:20

Cikarang,-

Hallo Pabrikers, kebakaran hebat melanda sebuah pabrik PT Multi Usage Indonesia (MUI) di Kawasan Industri Jababeka , Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (16/5/2022). 14 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) langsung diterjunkan ke lokasi. Komandan Regu Dinas Damkar Kabupaten Bekasi, Miat Sudiawan mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa adanya kebakaran sekitar pukul 10:00 WIB. Saat itu, pihaknya langsung mendatangi lokasi dengan membawa belasan armada.

Proses pemadam api cukup memakan waktu, mengingat yang terbakar gedung produksi.

“Proses pemadaman cukup memakan waktu, mengingat bahan-bahan di dalam gedung sangat mudah terbakar. Api berhasil di padamkan pada pukul 15:00 WIB,” ujarnya

Kata dia, PT tersebut memproduksi bemper mobil yang bahannya dari plastik. Kemudian di dalam juga ada bahan-bahan kimia, semacam tiner dan cat, yang membuat api cepat merambat. Akibatnya, asap yang membumbung tinggi di udara berwarna hitam. Namun demikian, dirinya memastikan, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Link video selengkapnya bisa di lihat youtube.com/watch?v=NLu61uBDrME .

Penyebabnya karena konsleting listrik. Tapi tidak ada korban jiwa, yang terbakar satu gedung produksi. Ukuran gedungnya cukup besar,” katanya.

Dia menduga, dengan kondisi gedung yang terbakar, serta di dalamnya, seperti mesin dan lain-lainnya, kerugian mencapai miliaran. “Kerugian di angka miliaran, karena yang terbakar Gedung produksi, di dalamnya ada mesin dan sebagainya,” ungkapnya.(*)

 

Pemadaman Kebakaran PT. MUI di Cikarang Butuh Waktu 7 Jam

Cikarang,- Halo Pabrikers, Sebuah pabrik penghasil bahan kimia di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, dilanda kebakaran pada Senin (16/5/2022).

Mei 17 2022, 12:30

Cikarang,-

Halo Pabrikers, Sebuah pabrik penghasil bahan kimia di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, dilanda kebakaran pada Senin (16/5/2022).

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi menerjunkan 16 unit mobil pemadam untuk memadamkan api.

Komandan Regu Evakuasi dan Penyelamatan Peleton 3 Kabupaten Bekasi Adhi Nughroho mengatakan bahwa proses pemadaman api memakan waktu hingga tujuh jam. “Tadi kejadian jam 09.00 WIB dan padamnya jam sekitar 16.00 WIB,” kata Adhi saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

 

Adhi menuturkan bahwa proses pemadam api berlangsung lama dikarenakan banyaknya bahan kimia yang mudah terbakar di dalam pabrik.

Saat memadamkan api, seorang anggota Dinas Damkar mendapat bantuan oksigen karena menghirup asap terlalu banyak.

“Kendala petugas operasional karena memang bahan kimia. Asapnya itu yang berbahaya bagi kesehatan, tadi juga ada petugas yang sempat diberikan oksigen dari ambulans karena sesak napas,” jelas Adhi.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa yang terjadi pada hari libur tersebut. Namun, Adhi memastikan, bangunan pabrik mengalami kerusakan hingga sekitar 90 persen. Selain itu, penyebab kebakaran di pabrik tersebut juga masih diselidiki petugas berwenang. “Penyebab api masih dalam proses penyelidikan,” tutur Adhi.(*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments