Sabela Gayo Tunjuk Pengacara Vietnam Sebagai Senior Representative IFPBA di Vietnam

0
140
With David Steward (Senior Contract Manager) Shimizu - Maeda Joint Operation Project in Vietnam. David menyampaikan bahwa pengalamannya terkait Design-Build Contract di Timur Tengah (Middle East) bisa dilakukan perubahan desain (design revision/adjustments). Best Practices seperti ini yang perlu kita pelajari.

SABELA GAYO TUNJUK PENGACARA VIETNAM SEBAGAI SENIOR REPSENTATIVE IFPBA DI VIETNAM  

SABELA GAYO, S.H.,M.H.,Ph.D., CPL., CPCLE[1]

International Federation of Procurement Bar Association (IFPBA) sebagai organisasi payung (umbrella organization) Organisasi Pengacara Pengadaan (Procurement Bar Asscoation) dan Procurement Lawyer/Procurement Contract Legal Expert dari berbagai negara di dunia sedang melakukan pengembangan organisasi ke berbagai negara dan kawasan lainnya. Setelah sukses melakukan pembentukan perwakilan di Singapura dan Malaysia maka selanjutnya IFPBA akan mengembangkan organisasi di Vietnam.

Sebagai tahap awal langkah tersebut maka IFPBA telah menunjuk Pengacara Vietnam sebagai Senior Representative IFPBA di Vietnam. Khusus untuk perwakilan di level Negara, IFPBA dapat menunjuk Pengacara di Negara yang bersangkutan sebagai Senior Representative yang nantinya apabila sudah melaksanakan Pelatihan Pengacara Pengadaan minimal 2 (dua) Angkatan maka dapat ditingkatkan statusnya sebagai Country Director. Keberadaan IFPBA dapat menjadi wadah peningkatan kapasitas dan kerjasama yang lebih luas lagi baik diantara sesama Pengacara Pengadaan atau Organisasi Pengacara Pengadaan maupun dengan berbagai lembaga internasional lainnya.

IFPBA akan fokus untuk membentuk beberapa perwakilan level Negara di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik dalam rangka memperluas pengaruh dan peran IFPBA sebagai pemangku kepentingan (stakeholder) Pengadaaan Barang/Jasa/Konstruksi di level Internasional. IFPBA juga akan terus menjalin koordinasi dan kerja sama internasional dengan beberapa mitra yang strategis seperti International Federation of Consulting Engineer (FIDIC), International Federation of Purchasing and Supply Management (IFPSM), International Bar Association (IBA) and United Nations Commission on International Trade Law (UNCITRAL).

Semoga dengan adanya perwakilan IFPBA di Vietnam dalam bentuk Senior Representative dapat memberikan kontribusi dan penyeberluasan informasi, pengetahuan, keterampilan dan advokasi di sektor Pengadaan Publik dan Jasa Konstruksi di Vietnam. Sabela Gayo berharap dengan telah ditunjuknya Senior Representative IFPBA di Vietnam maka dapat mempromosikan profesi hukum Pengacara Pengadaan (Procurement Lawyer) dan Ahli Hukum Kontrak Pengadaan (Procurement Contract Legal Expert) sekaligus memfasilitasi pelatihan kompetensi/sertifikasi Pengacara Pengadaan (Procurement Lawyer) dan Ahli Hukum Kontrak Pengadaan (Procurement Contract Legal Expert) di Vietnam.

[1]President International Federation of Procurement Bar Association (IFPBA) 2017 – 2022, Ketua Umum Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (DPN APPI) Periode 2016-2021, http://dpnappi.org dan Advokat Senior di Kantor Hukum Sabela Gayo & Partners (SGP) di Jakarta, www.sabelagayolawfirm.com  

Facebook Comments